Translate

cari tempat wisata

30 Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi




Kalo ngomongin Bawang sama Telor Asin udah pasti ingetnya sama Kabupaten Brebes lah. Brebes adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Cirebon di Jawa Barat. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah.





Sebagian besar penduduk di Brebes ini bermata pencaharian sebagai petani bawang, ya makanya di sini terkenal banget sama bawangnya.

Tapi selain bawang dan telur asin yang terkenal itu, Brebes juga punya tempat wisata yang asik-asik lho
Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi


Kaligua Brebes Jawa Tengah



Wisata alam di Brebes yang satu ini berlokasikan di dataran tinggi. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk serta hawa yang dingin mejadikan tempat ini menarik untuk kita jelajahi. Selain itu, adapun beberapa spot yang bisa anda kunjungi ketika sampai kaligua seperti : Goa Jepang, Mata Air Tuk Bening dan Goa Jepang.

Lokasi : Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes

Curug Putri Brebes



Curug Putri ini dulunya mempunyai dua sumber pancuran air dan biasa dikenal dengan nama Curug Kembar. Namun untuk saat ini tinggal satu. Curug yang mempunyai ketinggian -+ 35 meter ini memiliki panorama yang eksotik. Mulai dari pohon rimbun hingga tebing bebatuan yang terbentuk secara alami.

Lokasi : Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes

Ciblon Waterboom Brebes



Tempat wisata di Brebes yang satu ini cocok buat anda rekreasi bersama keluarga. Wahana permainan air Ciblon Waterboom yang memilik luas area 1,5 H ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya terutama ketika hari libur panjang tiba. Adapun beberapa fasilitas yang menarik untuk anda coba disini seperti Lintasan kolam, slider, permainan ember tumpah, kolam renang, sauna, tempat senam aerobik, tempat fitnes dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Yos Sudarso, Brebes


Pemandian Air Panas Tirta Husada



Pemandian air panas memang mempunyai niali tersindiri dimata para wisatawan. Selain kandungan belerang yang bisa membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti kulit dan rematik. Di Pemandian Air Panas Tirta Husada ini terdapat juga beberapa fasilitas yang mendukung seperti cafe, kolam renang, serta tempat karaoke.

Lokasi : Dukuh, Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes

Tiket :




Waduk Penjalin Brebes

Wisata di Brebes yang berikutnya adalah waduk penjalin. Berluaskan 1,5 KM2, waduk ini dulunya dibangun pada tahun 1930 oleh Pemerintahan Belanda. Meskipun belum ramai dikunjungi oelh wisatawan dari luar daeran. Wasuk Penjalin ini tetap bekerja baik sebagai irigasi dan pengendali banjir.

Lokasi : Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes

Obyek Wisata Waduk Malahayu Banjarharjo Brebes

Seperti waduk pada umumnya. Waduk Malahayu yang merupakan peninggalan Belanda pada zaman penjajahan dahulu ini sekarang menjadi tempat wisata Brebes yang potensial. Selain fungsi utamanya sebagai irigasi persawahan warga sekitar dan pengendali banjir. Pemandangan alam disekitar lokasi yang menawan seringkali menjadikan tempat ini sebagai bumi perkemahan.

Lokasi : Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes

Pantai Randusanga di Brebes

Pantai Randusanga yang masuk dalam wisata di Brebes ini memiliki pemandangan yang indah ketika sunset tiba. Banyak wisatawan jauh-jauh berdatangan dari berbagai daerah hanya untuk melihat sunset di Pantai ini. Selain itu pemandangan perkebunan bawang, budidaya rumput laun serta ikan bandeng. Di Pantai Randusanga yang lokasinya dekat dengan Jalur Pantura ini juga memiliki fasilitas yang menarik seperti Camping Ground, Arena Balap Motor, Mainan Anak, dan Rumah Makan.


Lokasi : Desa Randusanga, Brebes


Candi Pangkuan Brebes


Wisata Brebes memang terkenal akan alamnya yang indah ternyata memiliki wisata sejarah Candi Pangkuan. Meskipun belum jelas akan sejarah dari Candi Pangkuan ini karena tidak ada prasasti maupun catatan sejarahnya. Candi yang ditemukan pada tahun 1965 ini menurut warga sekitar dulunya digunakan sebagai pemujaan.

Kalau dilihat dari segi fisik, candi ini memang berbeda dengan candi-candi lain yang ada di Indonesia. Bentuknya lonjong dan tinggi 50 cm. Dan kalau anda berkunjung ke Candi Pangkuan, anda akan menemui ratusan kera liar yang sudah jinak.

Lokasi : Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Desa Wisata Ciseureuh

Brebes terkenal akan budaya dan adatnya. Salah satunya Upacara Adat Ngasa yang berada di desa Ciseureuh. Acara ini diadakan setiap selasa kliwon tiba. Selain itu, kalau anda berkunjung ke daerah ini akan menemui adat yang nampak aneh yaitu dalam memabangun rumah dilarang menggunakan tembok serta atap genting. Dan satu hal lagi, warga disini juga dilarang untuk menanam Bawang.

Lokasi : Pedukuhan, Desa Ciseureuh, Ketanggungan, Brebes

Ranto Canyon Brebes

Tempat wisata di Brebes Jawa Tengah terbaru saat ini adalah Ranto Canyon. Cocok buat anda yang mau berwisata sambil adventure. Tebing yang tinggi dan curam ini mampu menantang adrenaline wisatawan. Yah, nama dari tempat wisata ini awalnya adalah Leuwih Ranto, baru kemudian diganti dengan Ranto Canyon karena memiliki kemiripan objek wisata Green Canyon di Pangandaran. Dan jika anda berkunjung kesini, ada beberapa fasilitas dan aktivitas yang anda lakukan seperti berenang, cbodyrafting, dan cliff diving.

Lokasi : Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes

Agrowisata Besaran Brebes


Agrowisata Besaran yang masuk dalam jajaran tempat wisata di Brebes ini merupakan perluasan usaha oleh PG Jatibarang. Untuk fasilitas yang ada saat ini pun bisa dibilang cukup baik. Mulai dari Kolam Renang, Perahu Ontel, Kolam Renang Terapi Ikan, dan Kereta Wisata.




Pemandian Air Panas Cipanas Buaran Brebes

Pemandian Air Panas Cipanas Buaran ini memiliki pemandangan sekitar yang asri karena disekitarnya terdapat pegunungan pohon pinus. Yah, sembari mandi anda akan menikmati udara yang sejuk khas pegunungan. Cocok buat anda yang mau melepas penat.

Lokasi : Desa Pengebatan, Kecamatan Bentarkawung, Kabupaten Brebes

Wisata Telaga Ranjeng Brebes

Telaga Ranjeng yang terletak di kaki Gunung Slamet ini selain menawarkan pemandangan alam yang asri juga terkenal akan habitat lele dan nilai raksasanya.

Lokasi : Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes

yang lainya akan kami update lagi,

Yap, lengkap bukan tempat wisata di brebes ? Jadi, kalau anda melewati kota yang satu ini, jangan sampai lupa mampir ke destinasi pariwisatanya. Apalagi buat spot fotografi, Rekomended dah.




BACA JUGA: