Translate

cari tempat wisata

Curug Panglebur Gongso Melihat Keindahan alam yang sangat mempesona

Curug Panglebur Gongso Melihat Keindahan alam yang sangat mempesona

Indonesia memang mempunyai beragam tempat wisata yang indah, Mulai dari jajaran pegunungan, perbukitan, sungai, laut bahkan sampai air terjun. Tidak terhitung  berapa banyak tempat yang luar biasa indah di tanah air kita ini. Di Kendal sendiri terdapat banyak sekali wisata alam berupa air terjun atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan istilah curug. Mulai dari yang terkenal seperti curug sewu, semawur, jeglong dan masih banyak lagi yang lainya. Tidak kalah terkenal dengan curug yang lain curug yang satu ini juga menyimpan keunikan dan keindahan sendiri. Apakah itu? mari kita simak pembahasanya bersama-sama



Curug Panglebur Gongso atau juga disebut oleh warga sekitar sebagai Curug Gonso, berada di kaki bukit Gunung Ungaran.  Curug ini memiliki ketinggian sekitar 7 m saja dan di bawahnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk mandi atau berenang. Tak jauh dari curug ini terdapat Air Terjun 7 Bidadari berada

 Curug panglebur gongso bukanlah tempat wisata baru loh sob. Keberadaanya sudah diketahui oleh warga sekitar sejak lama. Namun baru akhir-akhir ini mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata alam lalu perlahan-lahan curug panglebur gongso mulai dikenal dan semakin banyak pengunjungnya, apalagi di hari libur dan akhir pekan.



 Untuk mencapai tempat yang satu inipun tidaklah susah, selain sudah tersedia angkutan umum, kondisi jalanannyapun sudah beraspal mulus serta berkelok-kelok ditambah lagi dengan hawa udaranya yang sejuk, karena memang desa Gondang ini berada di daerah perbukitan, sekaligus masih merupakan kakinya gunung Ungaran. Namun kalau kita ingin lebih santai dalam perjalanan dan tak was-was akan waktu pulangnya nanti, alangkah baiknya kita menggunakan kendaraan pribadi, selain sudah tersedia area untuk parkir di sini jg telah berdiri jg warung mkn walau kecil-kecilan. Selama perjalanan menuju ke Curug Gongso, penulis disuguhi dan di manjakan dengan hamparan sawah yang sedang menghijau,sungai dengan air yang begitu jernih, serta hijau dan rimbunnya pepohonan, sesekali terdengar juga satwa burung yang sedang asyik berkicau, seolah mereka handak menyambut penulis dengan mengatakan “selamat datang ke daerah kami”.



 Untuk menuju kemari bukanlah hal yang sulit, ada beberapa rute yang bisa anda lewati. Yang paling mudah adalah jika dari candi gedong songo ambil arah menuju Utara ( Kendal ) kurang lebih 10 KM. Curug ini berada dibawah grojogan Klenting Kuning, dari situ kebawah lagi maka nanti akan ada spanduk di pinggir jalan ( kiri jalan ). Jika anda dari Kendal, ambil arah ke Sumowono dengan melewati jl.Sumowono - Limbangan nanti akan ada spanduk di kanan jalan. Untuk menuju kesini bisa menggunakan mobil dan sepeda motor. Jarak antara lokasi parkir dengan lokasi curug sekitar 300 meter dengan jalan kaki atau sekitar 15 menitlah.



 Biasanya Curug Gongso ini ramai dikunjungi pada hari minggu, atau waktu liburan sekolah, selain dari rombongan keluarga,pramuka,klub pencinta alam banyak jg dr kalangan muda-mudi yg memadu kasih di sini,sembari makan dan ngobrol-ngobrol dibawah rindangnya pepohonan besar, kita juga bisa berendam di kubangan air terjun Gongso ini sp puas…( nganti medook…!!!)hehehehehe
Jika anda belum menyambangi tempat yang begitu indah ini, dipastikan akan rugi dan menyesal, karena keindahan panorama alamnya yang begitu menakjubkan, apalagi kalau kita ditemani dengan kekasih tercinta….( hemmm…curug ini serasa milik berdua aja..)



 Dari lokasi parkir menuju ke curug panglebur gongso jalanan sudah beraspal halus #Awalnya dan kalau kita lihat disebelah kanan ada pemandangan alam berupa area persawahan, disisi kiri berupa jurang, sedangkan dari belakang akan nampak pemandangan gunung Ungaran yang sangat mempesona. Wah dijamin bakal membuat kita semakin semangat. Setelah beberapa lama melewati jalan beraspal kini saatnya untuk turun ke lokasi curug, siap-siap ya sob. Untuk menuju ke curug ada beberapa anak tangga yang musti harus kita lewati. Saat melewati anak tangga ini nanti kita sudah mendengar suara percikan jatuhnya air. Eits.. jangan buru-buru! soalnya saat mau sampai anak tangganya cukup curam, jadi ati-ati ya sob.



Fasilitas curug panglebur gongso ada :
1. Area parkir yang cukup luas dan teduh ( untuk sepeda motor )
2. Wisata pemandangan air terjun
3. Kantin / warung
4. Toilet ada 2 berada dilokasi parkir dan dibawah dekat air terjun.
5. Mushola ( baru dibangun ) jika ingin Sholat ada masjid di perkampungan dekat pintu masuk.


silakan lihat video curug panglebur gongso:


legenda curug panglebur gongso:



legenda adalah tempat pertapaan Prabu Kombo Karno. Dalam certa pewayangan Prabu Kombokarno adalah adik dari Prabu Rahwono,dalam hidupnya hanya makan dan tidur melulu .Akan tetapi pada waktu perang dengan pasukan kera yang dipimpin oleh kera putih yang bernama Hanoman, karena pasukan Rahwana kalah dan terdesak,disamping senopatinya sudah habis terbunuh ,maka prabu Kumbo Karno dibangunkan paksa oleh Prabu Rahwono sambil di undat undat untuk maju perang menghadapi pasukan kera dari Prabu Ranayana,yang dipimpin oleh  kera putih Hanoman. Karena brabu Kumbo Karno merasa tersinggung,maka disanggupinya tugas tersebut dengan terlebih dahulu memuntahkan semua makanan yang telahdiberikan kakaknya tersebut,kemudian dengan berpakaian serba putih berangkatlah ke medan perang.



Karena musuh terlalu banyak akhirnya Prabu Kombo Karno terbunuh dalam peperangan
goa dengan berbagai tujuan,ada yang Cuma ingin melihat keindahan  alam didalamnya hanya sekedar menuruti keingintahuannya.tapi banyak pula yang mempunyai beberapa tujuan , seperti mencari berkah dan lainnya.Apabila ingin coba coba dengan membawa sebotol minuman keras sejenis arak, dan dibuka , maka bau merangsang arak tersebut akan memancing arwah Prabu kumbokarno mengeluarkan suara menggelegar ,suara raksasa yang bangun dari tidurnya.



Sebenarnya banyak tempat tempat wisata yang masih perawan dan berkembang pula didalamnya cerita cerita  legenda atau mitos , yang apabila dikemas secara apik serta fasilitas transportasi dan pendukung lainnya  dibangun oleh pemerintah daerah setempat , maka akan dapat menggerakkan roda perekonomian derah disekitarnya , akhirnya masyarakat akan menikmati hasil dan sejahtera
 ( cuma dongeng / legenda ,mau percaya silakan tidak juga gak apa apa )


BACA JUGA: