Translate

cari tempat wisata

7 Tempat Wisata di Ambarawa yang Menarik Untuk Dikunjungi


7 Tempat Wisata di Ambarawa yang Menarik Untuk Dikunjungi

 Ambarawa adalah sebuah kota yang masuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah. Ambarawa yang terkenal dengan wisata budaya yaitu Museum Palagan, juga punya obyek wisata alam yang tak kalah memikat, lho. Berikut uraiannya.



(silakan klik judulnya untuk melihat detail uraiannya)

1 Kampoeng Rawa (Kampung Rawa)Tempat wisata Kampung Rawa lokasinya di tepi Jalan Lingkar Ambarawa. Salah satu yang unik dan menarik dari obyek wisata yang satu ini adalah bangunan-bangunan yang terdapat di sini semuanya mempunyai atap joglo dengan sawah dan rawa yang hijau membentang membuat pandangan sejuk.


Konsep rumah makan yang ada di sini adalah rumah makan terapung, di mana kita dapat menyantap hidangan dari atas sebuah tempat makan berupa rakit yang bahan pembuatannya dari drum plastik. Kampung Rawa selain memiliki konsep rumah makan yang unik juga dapat membuat pikiran jadi rileks dikarenakan pemandangan sekelilingnya adalah perbukitan hijau dan adanya Danau Rawa Pening nan memikat.
2 Rawa Pening

Rawa Pening berkaitan erat dengan Ambarawa. Hal ini disebabkan oleh nama Ambarawa yang terdiri dari dua kata yaitu amba yang artinya luas atau lapang dan rawa yang mempunyai arti rawa.


Nah, apabila anda berkunjung kemari, untuk menikmati keindahan Rawa Pening anda dapat berkeliling dengan menggunakan perahu. Di area Rawa Pening banyak tumbuh tanaman eceng gondok. Tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk bahan pembuatan cinderamata atau souvenir
3 museum palagan ambarawa
Tempat wisata di ambarawa berikutnya adalah Museum Palagan Ambarawa dikenal juga dengan sebutan Monumen Palagan Ambarawa. Ini adalah obyek wisata yang namanya sudah terkenal sampai ke luar Kota Ambarawa.


Di sini merupakan lokasi terjadinya peperangan atau pertempuran dahsyat ketika melawan Jepang yang berlangsung pada tahun 1945. Di Museum ini dapat kita jumpai beraneka ragam koleksi benda bersejarah khususnya alat transportasi yang berupa kereta api. Alamat : Jalan Mgr. Sugiyopranoto.
4 museum kereta api ambarawa
Berkunjung ke Kota Ambarawa jika ditempuh dari Semarang memerlukan waktu sekitar 30 menit. Bila ingin merasakan kehidupan pedesaan asli Jawa, sangat tepat berkunjung kemari. Selain itu, ada Museum Kereta Api Indonesia yang bisa kita datangi.


Museum ini mempunyai koleksi 21 lokomotif tua dan kereta api peninggalan jaman Belanda. Tiket masuk museum sangat terjangkau, hanya Rp 5.000,- per orang. Jika ingin melihat lokomotif tua, paling asyik ya, keliling naik kereta wisatanya. Tiket kereta wisata pun murah, Rp 10.000,- saja per orang.
Alamat : Jalan Stasiun No. 1, Ambarawa.
5 gua maria
Tempat wisata yang satu ini adalah wisata religi yang ada di Kota Ambarawa untuk umat Nasrani. Memiliki taman yang indah dan di sini anda juga dapat menikmati wisata alam yang membuat tubuh jadi segar kembali.


Bagi umat nasrani tempat wisata ini menjadi wajib untuk dikunjungi dalam list liburan. Karena selain beribadah dapat sekaligus berlibur, terlebih jika datang bersama keluarga maupun teman. Anak-anak pun tentunya akan senang karena pemandangan dan taman di sekitar yang indah menjadi nilai tambah wisata gua maria ini. Tempat wisata ini akan sangat ramai sekali saat musim liburan dan hari peringatan bagi umat nasrani.
6 pemandian muncul
Lokasi Pemandian Muncul apabila ditempuh dari Kota Ambarawa jaraknya kurang lebih 8 km. Ini adalah pemandian alami dengan sumber air yang berasal dari dasar kolam. Fasilitas yang ada di lokasi ini adalah area parkir yang luas, kios souvenir serta oleh-oleh.



Pemandian muncul ini memiliki kolam yang cukup luas, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan terlalu sesak maupun padat. Tempat wisata di ambarawa yang satu ini akan ramai saat sedang musim liburan, telebih anak-anak yang gemar bermain air.
Alamat : Desa Rowo Boni, Kecamatan Banyubiru.
7 pasar bunga bandungan
Lokasinya kurang lebih 7 km dari Kota Ambarawa yaitu di tepi Gunung Ungaran dengan tinggi 900 meter di atas permukaan air laut. Suasana tempat ini sangat indah dengan udara yang segar membuat anda rileks. Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke obyek wisata yang satu ini adalah horsen tour guna melihat keindahan bunga, sayuran, serta rempah yang ada di perkebunan.


Fasilitas yang tersedia di lokasi ini antara lain adalah penginapan, hotel, bungalow, pasar buah, serta pasar tradisional yang menjual beraneka ragam barang dan makanan seperti susu kacang segar dan kue kacang. Berjalan sejauh beberapa kilometer dari lokasi ini ada peternakan dengan bukit-bukit yang bertingkat-tingkat serta dapat anda lihat juga tanaman tembakau.
Salah satu tempat produksi utama bunga potong yang ada di Jawa Tengah berada di Bandungan ini. Beberapa jenis bunga yang ada di sini antara lain adalah krisan, lili, gladiol, amarilis, mawar, aster, gerbera, dahlia, tagetes, dan lain sebagainya






BACA JUGA: