Translate

cari tempat wisata

Pantai Depok Yogyakarta


Menengok Pantai Depok YogyakartaBersantai di pantai sambil berwisata kuliner?! Dua kegiatan super menyenangkan tersebut ternyata bisa dilakukan sekaligus loh! Bernama Pantai Depok, yang letaknya berada di antara pantai-pantai lain di wilayah Bantul, Yokyakarta. Merupakan pantai yang tidak hanya menawarkan keindahan panorama lautnya saja, melainkan juga memiliki pusat wisata kuliner untuk menikmati berbagai macam olahan seafood.




Terdapat sejumlah warung makan tradisional di Pantai Depok yang menjual bebargai macam jenis ikan laut yang dijual dengan harga terjangkau seperti ikan kakap, cakalang, bawal, bandeng, tongkol, layur, kepiting, udang, pari, kerapu, cucut, hingga cumi-cumi.


Semua dijamin segar karena merupakan hasil dari tangkapan nelayan setempat. Yang membuat pantai ini menyenangkan, terdapat beberapa warung makan yang sengaja dirancang menghadap ke selatan, agar pengunjung dapat menikmati hidangan laut sekaligus pemandangan pantai serta laut lepas yang berombak besar.

Bagi kalian yang ingin berburu foto berbeda, di pantai ini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) jadi kalian yang belum pernah menyaksikan bagaimana aktivitas pelelangan ikan terjadi, tentunya akan sangat menarik bila dapat menyaksikannya langsung di sini bukan?! Kalian juga dapat menemukan berbagai macam jenis ikan dengan ukuran yang juga beragam dari yang kecil hingga yang besar.


Menemukan perahu-perahu motor milik para nelayan di tepian Pantai Depok ini bukanlah hal yang sulit, karena itulah perahu yang digunakan para nelayan melaut ketika malam hari tiba. Maka dari itu, jika kalian berniat untuk mendapatkan ikan yang segar, kalian dapat bertransaksi di tempat nelayan tersebut secara langsung dengan harga yang tak kalah bersaing dengan harga pasaran.

Jika kalian sudah cukup puas berwisata kuliner, kalian dapat keluar pantai lalu berbelok ke kanan menuju arah Parangkusumo dan Parangtritis. Di tempat ini kalian akan menjumpai pemandangan alam yang sangat langka dan menakjubkan, yang biasa disebut sebagai Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk pasir yang ada di pantai ini merupakan satu-satunya gurun kecil yang berada di kawasan Asia Tenggara. Di sini, kalian dapat menikmati hamparan pasir yang luas atau mungkin mencoba untuk sandboarding.


Terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik, dahulu di Gumuk Pasir Parangkusumo ini terdapat beragam tipe yang terbentuk, yaitu barchan dune, comb dune, parabolic dune dan longitudinal dune. Saat ini hanya beberapa saja yang tedapat, yaitu barchan dan longitudinal. Tertarik untuk datang?! Untuk menikmati hidangan laut sekaligus pemandangan gumuk pasir ini, kalian dapat melalui rute yang sama dengan Parangtritis dari pusat kota Yogyakarta.

Tips Berwisata Kuliner di Pantai Depok
1. Datanglah saat pagi hari jika tidak ingin menganti panjang saat membeli ikan. 2. Pilihlah ikan atau tangkapan laut yang segar dengan cara melihat mata dan bau dari ikan tersebut. 3. Setelah memilih ikan, segera bawalah ikan tersebut ke warung yang ada di sebelahnya agar dimasak sesuai menu yang kalian minta. 4. Hindari kunjungan ke Pantai Depok ini pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena para nelayan pada hari itu libur melaut (sebab kepercayaan masyarakat lokal).


Lokasi Pantai Depok Yogyakarta
Pantai Depok secara administratif di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Cara menuju ke Pantai Depok dari Yogyakarta kalian hanya bisa menuju jalur pantai Parangtritis, namun sebelum kalian masuk ke tempat retribusi pantai Parangtritis, kalian harus berbelok kekanan mengikuti petunjuk ke pantai Depok, karena retribusi pantai Depok ini berlainan dengan pantai ParangtritisPeta lokasi Pantai Depok Yogyakarta.




BACA JUGA: