Translate

cari tempat wisata

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat



Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat



Gunung Tangkuban Perahu tidak bisa lepas dari cerita rakyat yang menyertainya, yaitu legenda Asal usul Gunung Tangkuban Perau dengan Dayang Sumbi dan Sangkuriang sebagai tokoh sentralnya. Cerita ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat dan juga sudah banyak beredar berbagai macam versi yang diterbitkan dalam berbagai macam buku cerita.



Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat, Tempat Wisata Terindah - Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung yang berada di sekitar 30 km utara Kota Bandung atau lengkapnya berada di Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 40391, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Tangkuban Perahu termasuk dalam deretan Gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2013.



Ada 3 kawah yang sudah terkenal di Gunung Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Ketiga kawah ini menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Tangkuban Perahu. Terutama adalah Kawah Ratu yang paling banyak dikunjungi. Hal itu karena lokasi kawah ini memang sangat mudah dijangkau. Hanya dengan menggunakan mobil pribadi, anda beserta keluarga dapat menikmati indahnya kawah Gunung Tangkuban Perahu. Kawah ini berupa cekungan besar lengkap dengan kepulan asap yang muncul dari dalam tanah dan membumbung keatas. Pada musim liburan tiba banyak orang yang berkunjung ke kawah Gunung Tangkuban Perahu ini.




Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu
Asal-usul dari Gunung Tangkuban Parahu selalu terkait dengan sebuah legenda Sangkuriang, yang pada kisahnya telah jatuh cinta kepada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Kemudian demi untuk menggagalkan rencana dan niat anaknya sendiri untuk menikahinya, Dayang Sumbi memberikan syarat agar Sangkuriang dapat membuat sebuah perahu dalam kurun waktu semalam.
/>


Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu
Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu
Pada waktu usahanya sudah gagal, Sangkuriang kemudian marah dan kemudian menendang perahu setengah jadi yang dibuatnya tersebut yang kemdudian mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu yang telah di tendang Sangkuriang inilah yang kemudian membentuk sebuah Gunung Tangkuban Parahu.




Gunung yang terbilang masih aktif ini merupakan sebuah kawasan tempat wisata alam Bandung yang berdekatan dengan daerah lembang bandung dan juga merupakan primadona pariwisata daerah Jawa Barat,karena tempat wisata alam khas pegunungan yang banyak memiliki keunikan serta tentunya keindahan panorama serta kesejukan udaranya ini mampu menarik banyak jumlah kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke tempat yang asri sangat indah ini pada saat akhir pekan apalagi ketika musim liburan panjang tiba.



Pada tahun 2014 yang baru lalu,Gunung Tangkuban Perahu Bandung , pernah beberapa kali ditutup akses jalan masuknya oleh pemerintah daerah jawa barat karena diperkirakan akan meletus.Hal tersebut dikarenakan intensitas semburan kawah serta asap belerang yang meningkat dikhawatirkan menjadi pertanda bahwa gunung tangkuban perahu ini  akan meletus dan tentunya sudah sangat berbahaya bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke sini serta akan mengancam keselamatan mereka.Oleh karena itu sempat beberapa kali ditutup dari aktifitas wisata,meskipun beberapa waktu kemudian dibuka kembali dikarenakan aktifitas vulkaniknya di rasa dan dianggap sudah kembali ke keadaan normal dan tidak berbahaya



.
Apa sih yang menjadi daya tarik utama Tempat Wisata di Bandung Barat ini bagi para wisatawan ? yang pasti adalah Gunung Tangkuban Perahu Bandung ini adalah salah satu kawasan pegunungan terbaik yang indonesia miliki,karena selain nilai sejarah gunung tangkuban perahu yang melegenda,lokasi wisata ini juga  merupakan kawasan lindung hutan,yang masih terjaga kelestarian, keasrian dan kesegaran udaranya.
Selain dari pada itu,alasan lain yang membuat tempat wisata gunung tangkuban perahu selalu dipenuhi dan dibanjiri oleh para wisatawan di akhir pekan apalagi di musim liburan adalah karena gunung tangkuban perahu adalah kawasan hutan gunung yang sangat ekstrim udaranya,sangat dingin,maka sudah jelas nilai jual kesejukan tempat menjadi alasannya yang membuat wisatawan asal luar kota seperti Jakarta atau daerah lainnya di Indonesia yang datang ke tempat ini ,senang dan betah berlama diri menikmati indah dan suhu pegunungan di tempat wisata bandung ini.


Perlu diketahui,bahwa tingkat suhu rata-rata di kawasan hutan Gunung Tangkuban Perahu pada siang hari berada dikisaran 17 derajat Celsius, sementara suhu di malam harinya jauh lebih ekstrim lagi,karena bisa mencapai 2 derajat Celcius.Oleh karena itu setiap pengunjung yang hendak ke sini, persiapan bawa jaket yang tebal bisa menjadi solusi atau bahan pertimbangan yang terbaik dan tepat,agar tidak kedinginan.



 Demikian tadi sedikit informasi mengenai Pesona Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat. Semoga dengan informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda yang sedang berencana untuk berlibur kesana.

BACA JUGA: